Senin, 29 April 2013

CONTOH RPP PENJASKES SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah
:   SDN 2 Blungun
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  5 ( lima )/I I (dua)
Pertemuan ke
:   15 (lima belas)
Alokasi Waktu
:   4  x 35 Menit


Standar Kompetensi : 8.     Mempraktikkan berbagai bentuk senam ketangkasan dengan koordinasi yang baik, dan  nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar     : 8.1   Mempraktikkan sebuah rangkaian gerak senam ketangkasan dengan konsisten, tepat, dan koordinasil yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian
                                      8.2   Mempraktikkan bentuk-bentuk rangkaian gerak senam ketangkasan dengan koordinasi dan kontrol yang baik, serta nilai keselamatan, disiplin, dan keberanian

A.    Tujuan Pembelajaran:
  • Siswa dapat melakukan gerakan senam lantai
  • Melatih keberanian dan percaya diri.
  • Siswa dapat memahami tekhnik gerakan senam lantai

v  Karakter siswa yang diharapkan :  Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                  Keberanian ( Bravery )





B.     Materi Ajar (Materi Pokok):
  • Pengembangan diri
[ Latihan kebugaran jasmani]

C.    Metode Pembelajaran:
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Praktek

D.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 15
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
    1. Siswa dibariskan menjadi empat barisan
    2. Mengecek kehadiran siswa
    3. Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
    4. Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
    5. Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
F Melakukan gerakan berguling : ke depan, belakang, samping
F Melakukan gerakan lari kecil dalam jarak tertentu
F   Melakukan gerakan melompat dengan variasi berputar
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan- gerakan gerakan yang dilakukan pada senam lantai dan ketangkasan

E.     Alat dan Sumber Belajar:
  • Buku Penjaskes kls. 5
  • Diktat senam
  • Lapangan / aula
  • Matras
  • Pluit
  • Stop watch

F.     Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melakukan gerakan berguling
·   Melakukan gerakan berlari kecil
·   Melakukan gerakan melompat
·   Melakukan gerakan rangkaian senam di mulai dari berlari, berguling dan melompat
Test praktik

Test perorangan

Test praktik

Test pengamatan

Test peroangan

Test praktik
Test demonstrasi
Test ketrampilan
Test praktik

Test ketrampilan

Test demonstrasi

Praktikanlah menggendong teman dan sikap lilin
Praktikanlah kopstan dan handstan

Praktikkanlah
lari dan lompat

Praktikkanlah berguling kedepan dan kebelakang









FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


                                                                                            





&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1







LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                       






          Mengetahui :                                                          Blungun, 7 Januari 2012
Kepala Sekolah                                                          Guru Penjas Orkes




SLAMET UTOMO, S.Pd.SD                            ARIS BUDI HARTONO, A.Md
NIP. 19621112 198405 1 003                             NIP. 19690324 200604 1 001



  ..................................              ..................................
Pertemuan 16
  • Kegiatan Awal:
Dalam kegiatan Awal, guru:
    1. Siswa dibariskan menjadi empat barisan
    2. Mengecek kehadiran siswa
    3. Menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
    4. Melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
    5. Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
  • Kegiatan inti
§ Eksplorasi
F Mendemonstrasikan gerakan rangkaian senam lantai di mulai dari gerakan mengangkat tangan, berlari kecil, berguling , dan melompat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
  • Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaikai tentang kesalahan-kesalahan- gerakan gerakan yang dilakukan pada senam lantai dan ketangkasan
G.    Alat dan Sumber Belajar:
  • Buku Penjaskes kls. 5
  • Diktat senam
  • Lapangan / aula
  • Matras
  • Pluit
  • Stop watch

H.    Penilaian:
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Melakukan gerakan berguling
·   Melakukan gerakan berlari kecil
·   Melakukan gerakan melompat
·   Melakukan gerakan rangkaian senam di mulai dari berlari, berguling dan melompat
Test praktik

Test perorangan

Test praktik

Test pengamatan

Test peroangan

Test praktik
Test demonstrasi
Test ketrampilan
Test praktik

Test ketrampilan

Test demonstrasi

Praktikanlah menggendong teman dan sikap lilin
Praktikanlah kopstan dan handstan

Praktikkanlah
lari dan lompat

Praktikkanlah berguling kedepan dan kebelakang



FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1





&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan

Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
                                                                                       

          Mengetahui                                                                                                                  ............, ......................20 ...
Kepala Sekolah                                                           Guru Mapel PJOK.


          ..................................                                                    ..................................

2 komentar: